Imunisasi balita di Poskedes Sumberejo Kulon

Posyandu (Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu) merupakan bentuk pelayanan dasar yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat dengan bantuan petugas kesehatan dengan tujuan melayani kesehatan masyarakat khususnya balita dan ibu hamil.

Dengan penanggungjawab Bapak Kepala Desa, posyandu sebagai kegiatan swadaya masyarakat bidang kesehatan di desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut dapat melayani kesehatan masyarakat dengan baik. Di Desa Sumberejo Kulon terdapat lima posyandu salah satunya di Poskedes, timur Balaidesa Sumberejo Kulon. Setiap posyandu melaksanakan program pokoknya pada minggu pertama  tiap bulan.

Kegiatan di posyandu diawali dengan dengan  pendaftaran balita/ibu hamil kepada petugas pendaftaran. Kemudian dilanjutkan dengan penimbangan balita. Pada proses ini akan terlihat bagaimana perkembangan berat badan, apakah berat badan balita naik, tetap, atau menurun. Setelah itu pengisian KMS (Kartu Munuju Sehat). Lalu ibu balita akan diberikan penyuluhan kesehatan berdasarkan hasil catatan kesehatan balita /ibu hamil. Selanjutnya balita/ibu hamil akan dibelikan pelayanan oleh petugas kesehatan seperti imunisasi, KB, pemberian suplemen, dan pemeriksaan kehamilan.

Dengan adanya posyandu di Desa Sumberejo Kulon, balita/ibu hamil dapat terjamin kesehatan dan gizinya karena masyarakat dapat mengontrol perkembangan kesehatan balita/ibu hamil dan konsultasi kesehatan secara periodik di posyandu.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?