ujung desa liputan madu tv

tari petani dari sanggar tari sumberejo kulon

Pemerintah desa sumberejo kulon mengadakan acara buka sawah musim tanam tahun 2018-2019 berpusat di taman pesona balong kawuk indah Ds.Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan tersebut inisiatip dari pemerintah desa yang pada mulanya dilaksanakan pada saat pagi hari Jumat Kliwon, sedangkan spesial untuk tahun ini diadakan pada malam hari yaitu tepat hari Kamis wage malam Jum’at Kliwon.

khidmat..para peserta mengikuti genduri massal

Acara yang dimulai pada pukul 18.30 tersebut berlangsung secara meriah dengan hadirnya duo pelawak kondang Jo-Klitik dan Jo-Klutuk dengan diiringi group musik campur sari pimpinan Oki dari Desa Pulotondo.

Prosesi Kegiatan Buka sawah tersebut dimulai dari seluruh peserta kegiatan penduduk desa berkumpul di perempatan jalan tempat yang telah ditetapkan panitia  dan dilanjutkan dengan mengarak tumpeng dan takir plontang menuju balong kawuk. Urutan barisan paling depan diisi seluruh punggawa desa (kades dan perangkat desa yang membawa tumpeng) diikuti oleh barisan tari-tarian dan group dari kesenian reog kendang. Sedangkan barisan terakhir diikuti oleh para petani yang membawa takir plontang sebanyak 1000 buah.

Setelah barisan arak-arakan sampai lokasi gubuk sawah maka acara selanjutnya genduri masal dan dimulailah kegiatan yang ada dipanggung hiburan.

penampilan duo JO dan perangkat desa

Tujuan diadakan acara ini yaitu untuk memohon kepada Tuhan yang kuasa agar tanaman padi yang ada di desa Sumberejo Kulon diberi kesuburan, bebas dari hama dan nantinya menghasilkan padi yang melimpah untuk kemakmuran warga Desa Sumberejo Kulon.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?