Kegiatan Tingkeban Pari yang dilaksanakan di Pendopo Sawah Mbalong Kawuk pada tgl 05 Mar 2021

Musim Tanam Padi dan Jagung pada tahun ini para petani di Desa Sumberejo Kulon dan sekitarnya mengeluhkan dengan serangan hama tikus sawah. Pada awal tanam yang lalu banyak bibit padi yang di rusak oleh tikus sehingga menyebabkan para petani kekurangan bibit saat waktu tanam.

Tidak berakhir sampai di situ saja, tikus masih tetap menyerang tanaman padi hingga saat ini padi sudah banyak yang mengeluarkan malai (njebul). Oleh karena itu selain berusaha melaksanakan upaya pengobatan tikus secara massal yang dilakukan Oleh Pemdes Sumberejo Kulon, para Petani Desa Sumberejo Kulon melaksanakan kegiatan budaya tingkeban pari yang merupakan budaya tahunan dengan tujuan berdoa kepada Tuhan YME agar tanaman padi milik para petani tetap baik-baik saja dan dapat panen dengan melimpah.

Kegiatan Tingkeban Pari 2021 ini dihadiri oleh Kepala Desa Sumberejo Kulon beserta perangkat desa yang lain dan Pemuka Adat juga para petani desa sumberejo kulon.

Kepala Desa Sumberejo Kulon berharap semoga Budaya Tingkeban Pari oleh para petani sejak jaman dahulu ini dapat terus dilakukan/dilestarikan sebagai bentuk rasa syukur dan doa para petani supaya para petani dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?